Indonesia Akan Punya UAV Sendiri - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Thursday, March 21, 2019

Indonesia Akan Punya UAV Sendiri

Indonesia Bakal Beli Drone Militer dari Tiongkok dan Portugal

www.roboticindo.com

Robotic Indonesia - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan pihaknya berencana membeli pesawat tanpa awak atau drone militer untuk memperkuat alat utama metode|cara persenjataan (alutsista) Republik Indonesia.

Hal itu dilaksanakan sebagai respons atas terhambatnya progres pembelian pesawat tempur Sukhoi.
Ryamizard mengatakan Indonesia akan membeli drone militer dari Tiongkok dan Portugal.
“Ada 10 negara yang menawarkan dan telah kita pilih dari Tiongkok, dari Portugal juga,” ungkapnya berakhir memimpin rapat pimpinan Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Sentra, Rabu (16/1/2019).

Menhan mengatakan anggaran pembelian drone militer itu telah masuk Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2019, walaupun ia tidak merinci berapa jumlahnya.
Sementara itu Menhan mengakui pembelian 11 unit pesawat tempur Sukhoi (SU-35) dengan cara imbal beli komoditi pertanian masih terhambat pembayaran dari Kementerian Keuangan.

“Pembelian Sukhoi itu kan menunggu persetujuan tiga kementerian, hingga ke saya telah final, saya telah tanda tangani, telah salaman namun yang bayar bukan saya,” tegasnya.
Tapi, dia mempertimbangkan bahwa sesudah pembayaran dilunasi karenanya 11 unit Sukhoi itu akan tiba di Indonesia.

“Sukhoi itu pasti akan datang, itu kan sistemnya 50 persen kita jual hasil pertanian seperti kelapa sawit dan sebagainya, lalu sisanya kita bayar, itu kewenangan Kemenkeu tanya mereka saja,” pungkasnya.
Pembelian Sukhoi dengan cara imbal beli itu tercantum dalam UU No 16 Tahun 2012 perihal Industri Pertahanan.
Sempurna nominal pembelian 11 unit Sukhoi dari Rusia itu senilai 1,14 miliar Dolar AS di mana setengahnya dibayar dengan hasil pertanian.

Kegunaan Drone Militer

Dikabarkan dari pelbagai sumber, dalam bidang militer Drone atau pesawat tanpa awak mempunyai kegunaan, diatantaranya :
Pesawat penyerang kamp-kamp musuh:
Pesawat pengintai atau mata-mata
Pesawat kamikaze (untuk ditubrukkan ke musuh)
Pesawat patroli perbatasan


Baca Juga : Robot Karya Indonesia Yang Harus di Ancungi Jempol 

Drone atau pesawat tanpa awak bisa diterapkan untuk menyerang kamp-kamp musuh sebab ada Drone yang kapabel membawa beragam roket dan rudal, kecuali itu bisa mengurangi kerugian dibanding menerapkan pesawat konvensional maupun helikopter.

Khususnya kerugian sumber tenaga| manusianya. Dimana nyawa yakni harta yang tidak ternilai harganya.
Malah Drone bahkan diaplikasikan untuk menyerang kamp teroris ditimur tengah yang menewaskan pimpinan Al-Qaeda yakni Osama Bin Laden.
Pesawat tanpa awak umumnya disematkan juga kamera dan sensor-sensor lainnya sehingga dengan indera hal yang demikian karenanya pesawat tanpa awak atau Drone bisa diaplikasikan untuk pengintaian dan patroli perbatasan kecuali itu juga bisa diterapkan sebagai pesawat kamikaze, yang merupakan untuk menyerang musuh dengan metode ditubrukkan kekapal atau pesawat musuh.

pertahanan (Alutsista) Indonesia. Kepada Republika, Kepala Badan ...

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad