Kemdikbud Menyokong Lulusan SMK Jadi Wirausaha Inovatif dan Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0 - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, March 23, 2019

Kemdikbud Menyokong Lulusan SMK Jadi Wirausaha Inovatif dan Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0

www.roboticindo.com

Robotic Indonesia - Pengembangan ketertarikan kewirausahaan pada siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) ialah salah satu upaya menyiapkan alumni SMK yang produktif dan berkarakter. Oleh sebab itu, Kementerian Pengajaran dan Kebudayaan (Kemdikbud) mendukung alumni SMK menjadi wirausaha kreatif di era Revolusi Industri 4.0.


\"Salah satu pilihan yang baik mendukung anak-anak menjadi wirausaha, khususnya anak-anak yang mempunyai khayalan yang kuat, punya mimpi besar. Sebaiknya disiapkan untuk menjadi wirausaha,\" ujar Menteri Pengajaran dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy di kantor Kemdikbud, Jakarta.

Para kepala sekolah, lanjut ia, juga diinginkan pertanding-pertandingan dalam memajukan sekolahnya lewat penemuan pelajaran. \"Wirausaha itu modalnya berani ambil risiko. Jika diberikan amanah seharusnya berani ambil risiko. Dilaksanakan sebaik-baiknya,\" imbuhnya.

Dia juga mensupport supaya sekolah langsung menyusun teaching factory. Untuk kemudian bilamana sudah berproduksi dengan standar industri, bisa seketika menyusun Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) supaya lebih gampang melaksanakan pengembangan sekolah sembaring mewujudkan suasana pelajaran bernuansa kewirausahaan.


"Saya meminta untuk SMK-SMK yang telah mewujudkan, sudah baik, telah percaya diri, seketika menjadi BLUD. Sehingga pendapatannya tak perlu dilaporkan lagi sebagai pendapatan negara bukan pajak atau PNBP, melainkan cukup diputar, re-invest menjadi modal SMK itu. Syukur-syukur seketika menghimpun dana kekal, menghimpun para tamatan. Kemudian adik-adiknya yang mempunyai talenta wirausaha bisa diberikan modal yang cukup untuk membesarkan usahanya sekalian membuka lapangan profesi untuk juniornya," tuturnya.


Sementara Direktur Jenderal Pengajaran Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Hamid Muhammad mengatakan bahwa kecuali seminar, Direktorat Pembinaan SMK juga menggelar pameran unjuk karya siswa dalam menyongsong Industri 4.0.


"Aktivitas seminar dan pameran unjuk karya siswa SMK ini bertujuan menyokong dan menginspirasi SMK supaya sanggup menyiapkan tamatan yang siap menghadapi tantangan di dunia kerja, terlebih menyongsong era industri 4.0," kata Hamid


Pameran ditiru oleh 87 SMK dengan 9 program di antaranya Augmented Reality/Virtual Reality (AR/VR), 3D Printing, Tourism Promotion, Game Development, Smart School, Internet of Things, E-Commerce, dan Kewirausahaan. "Materi Pengembangan  Revolusi Industri 4.0 menjadi beban seharusnya bagi SMK-SMK penerima bantuan," tambahnya.

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad