Robot Karya Indonesia Yang Harus di Ancungi Jempol - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 20, 2019

Robot Karya Indonesia Yang Harus di Ancungi Jempol

Robot-robot Yang Diakui Dunia Karya Indonesia


www.roboticindo.com

Robotic Indonesia - Anda tahu kalo dunia Robotika Indonesia itu telah lama berkembang dan telah memperoleh pengakuan dari sebagian belahan dunia, misalnya Amerika, Malaysia, Inggris, dan negara lainnya? Hebatnya lagi, sebagian robot yang sudah diakui oleh dunia diciptakan oleh para remaja kreatif asal Indonesia.

Kita sebagai warga Indonesia seharusnya berbangga akan karya-karya pemuda kreatif ini. Jangan ingin kalah dari karya anak muda dari luar negeri . Nah, agar lebih menyemangati, berikut ini Jaka bakal beri tahu sebagian karya anak bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia. Simak selengkapnya yuk!

1. WOW (Water Wizard)

Robot ini diciptakan oleh pemuda pemuda kreatif asal Depok yang tergabung dalam sekolah Madrasah Teknonatura Depok. Robot ini mengusung tema Access To Clean Water untuk membersihkan Sungai. Di dalamnya ada fitur yang bisa mendeteksi limbah yang berada di sungai.

Seandainya robot ini mendeteksi eksistensi limbah, karenanya limbah tersebut masuk ke dalam robot dan alhasil| dibuang. Robot ini tengah meniru First Global Challenge Olympic Robot Competition 2017 yang di selenggarakan di Washington DC, USA.

2. PENShip

Kali ini para pemuda asal Surabaya mulai unjuk gigi dengan menampilkan karya robotnya. Pemuda-pemuda ini berasal dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Robot kali ini mengusung tema Kapal Tidak Berawak yang diikutsertakan dalam pertandingan international yang diselenggarakan di Virginia, Amerika Serikat.

Padahal robot ini tak bisa menjadi pemenang utama, setidaknya robot ini sudah memperoleh penghargaan \"Compact Design Award\" sebab wujudnya yang relatif lebih kecil diperbandingkan pesaing lainnya. Sesungguhnya robot ini sudah menyandang 3 kali juara dalam pertandingan Kontes Kapal Cepat Tidak Berawak Indonesia (KKCTBI) yang diselenggarakan di dalam negeri. Tapi, ini kali pertama PENShip meniru pertandingan tingkat International.

3. Robot Aurora

Robot Aurora ini di buat oleh salah satu pemuda Indonesia yakni Yohanes Surya. Robot ini mengusung tema Militer yang berfungsi untuk membendung serangan lawan. Robot ini dilengkapi dengan AirSoft gun yang bermanfaat untuk menyerang lawannya.

4. Saturn

Minister Of Defense Grand Challenge (MoD Grand Challenge) merupakan pertandingan beregengsi untuk mencari suatu teknologi terapan militer yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertahanan Inggris. Dan siapa sangka yang memenangkan pertandingan ini ialah Dr. Subchan.

Warga asal Jombang, Jawa Timur hal yang demikian bersama timnya yakni, Team Stellar, sukses mengoptimalkan sebuah Teknologi SATURN (Sensing and Autonomous Tactical Urban Reconnaissance Network) dan sukses memenangkan MoD Grand Challenge. Robot ini berfungsi untuk memata-matai dan menyerang musuh, bagus di udara dan di darat tanpa ada risiko nampak atau terdeteksi lawan.

5. Robot Al-Fatih

Sebuah regu asal Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah sukses memenangkan Kontes Robot Indonesia 2017 (KRI) dengan mengusung tema Pemadam Kebakaran. Regu yang dinamai Gadjah Mada Robotic Team (GMRT) sukses lolos melaju ke persaingan Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC) di Amerika Serikat pada April 2018 akan datang.

Robot ini berfungsi untuk mendeteksi spot kobaran api dan memadamkannya dengan pesat|kencang. Dengan tingkat error yang amat|benar-benar|sungguh-sungguh|betul-betul rendah dan bisa mengatasi|memecahkan|menuntaskan misi dengan cukup total, karenanya Al-Fatih diandalkan untuk mewakili Indonesia dalam kejuaraan robot tingkat international.

6. Robot Gegana

Dari namanya saja pasti kita telah menduga siapa yang menciptakan robot ini, Ya, betul, yang menciptakan robot ini yaitu Regu Gegana. Regu Gegana sengaja membuat robot ini untuk menolong menjinakkan bom. Dampak risiko yang amat besar dalam aktivitas penjinakkan bom, karenanya robot ini diwujudkan untuk menolong mendeteksi bom. Robot ini juga kapabel menyeret muatan seberat 70 kilogram loh.

Nah, itulah sebagian karya si anak bangsa Indonesia yang diakui oleh dunia. Kita sepantasnya orang Indonesia seharusnyai seharusnya berbangga akan karya-karya si buah hati bangsa yang bisa menolong memajukan Bangsa Indonesia supaya lebih maju. Apalagi di era teknologi seperti kini ini, Indonesia telah semestinya unjuk gigi untuk bisa diakui oleh negara negara lainnya. Semoga Berguna ya kawan!


7. Robot Service

Robot ini salah satu karya anak bangsa yang dijalankan oleh suatu Perusahaan yang bernama PT. Sari Teknologi. "Yohanes Kurnia" dari pendiri PT. Sari Teknologi ini membuat inovasi dimana robot melakukan interaksi service langsung pada customer. Dan sudah membuka event "Robopark Indonesia" dimana pameran robot-robot karya bangsa Indonesia yang bertempat pada Baywak Mall, Pluit diperlihatkan. Selain membuat dan membuka event PT. Sari Teknologi juga membuka kursus kesekolah. jika ingin mengetahui tentang PT. Sari 

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad