Skill Yang DIbutuhkan Pada Masa Revolusi Industri 4.0 - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, March 23, 2019

Skill Yang DIbutuhkan Pada Masa Revolusi Industri 4.0


www.roboticindo.com

Robotic Indonesia - Revolusi Industri 4.0 menjadi topik opsi Wakil Kepala Sekolah (Waka) Bidang Kurikulum SMA Muhammadiyah 1 (Smamsatu) Gresik Dra Ainun Jariyah ketika menjadi pembina dalam apel rutin, di halaman sekolah, Kamis (21/3/19).


Berdasarkan Ainun, pada era itu terjadi perubahan metode|sistem kerja yang menitikberatkan pada pengelolaan data, cara kerja industri lewat kemajuan teknologi, komunikasi, dan peningkatan efisiensi kerja yang terkait dengan interaksi manusia.


“Revolusi Industri 4.0 berpengaruh pada potensi hilangnya sebagian pekerjaan contohnya customer service, kasir bank, chef, apoteker, dan lain-lain,” ujarnya di hadapan siswa Kelas X, XI, dan XII Smamsatu.
“Malah tak menutup kemungkinan dokter bisa jadi akan digantikan oleh robot supercerdas yang berteknologi canggih,” katanya.


Tetapi, sambungnya, kecuali memunculkan ancaman, Revolusi Industri 4.0, juga kapabel menghadirkan lapangan kerja baru, pekerjaan-pekerjaan baru yang tidak terpikirkan sebelumnya. “Seperti transportasi online, online shop, dan profesi yang berbasis online lainnya, yang beromset termasuk sangat besar,” terangnya.


Untuk itu, pesan Ainun, siswa-siswi Smamsatu wajib mempersiapkan diri dengan mengembangkan potensi pada empat aspek kompetensi yakni: leadership skills, language skills, IT literacy, dan writing skills.


“Di era Revolusi Industri 4.0 kita sepatutnya memiliki keahlian memimpin (leadership skills), sehingga meskipun semuanya diganti oleh robot, kitalah yang akan memiliki hak untuk memberikan instruksi,” katanya.


Kecuali itu, menurutnya, keahlian berbahasa (language skills) juga amatl dibutuhkan, khususnya bahasa Ingris sebagai bahasa internasional. “Sebab bahasa industri maupun digital hampir pasti memakai bahasa Inggris,” jelasnya.

www.roboticindo.com

Ainun juga menegaskan, pemahaman seputar info dan teknologi (IT) juga semestinya dikontrol oleh para siswa. “Sebab di era ini, otomatisasi yang terintegrasi dengan dunia online dan IT benar-benar diperlukan,” urainya.


Yang terakhir, berdasarkan Ainun kesanggupan|kecakapan menulis (writing skills) dan pendataan menjadi pekerjaan yang menjanjikan. “Sebab keakuratan sebuah data sangatlah penting di Revolusi Industri 4.0 ini,” ujarnya.


Ainun berpesan supaya siswa-siswi Smamsatu bangun dari buaian kenyaman dan fasilitas yang membikin mereka terlena akan persiapan bagi masa depannya.


“Kita benar-benar harus membiasakan diri dengan hadir di sekolah tepat waktu, melakukan program-program penguatan karakter, beribadah, belajar serius supaya terwujud pola fikir kritis,” pesannya. (M. Ali Safa’at)


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad