TOP 10 Inovasi Robot Pada Tahun 2018 - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Wednesday, March 20, 2019

TOP 10 Inovasi Robot Pada Tahun 2018

Inovasi Robot Pada Tahun 2018


Robotic Indonesia - Saat Tahun Baru memasuki ayunan penuh, saatnya untuk melihat kembali kemajuan dalam teknologi robot sepanjang tahun sebelumnya. Tim dan peneliti yang tak terhitung jumlahnya menghabiskan ratusan jam pada tahun 2018 untuk menciptakan desain baru dan mengembangkan teknologi inovatif untuk massa. Disusun oleh Guang-Zhong Yang, editor di Science Robotics, berikut adalah 10 perkembangan robot paling terkenal.

10. Robot Atlas

Diciptakan oleh Boston Dynamics, robot ini memanfaatkan keseimbangan sempurna untuk mencapai manipulasi seluler seluruh tubuh. Atlas secara bersamaan dapat melakukan tugas-tugas seperti pencetakan 3D, penglihatan stereo, sensor jangkauan, dan manipulasi objek. Baru-baru ini, robot membuat langkah dengan menyelesaikan backflip.


9. Da Vinci

Sistem Bedah Da Vinci membawa inovasi ke ruang operasi. Teknologi ini memberikan tampilan HD 3D di dalam tubuh pasien sehingga ahli bedah dapat menyelesaikan operasi yang lebih akurat. Sistem ini mampu melakukan berbagai operasi melalui sayatan minimal dengan konsol yang dirancang secara ergonomis, gerobak sisi pasien, dan instrumen yang menekuk dan berputar di luar keterbatasan tangan manusia

www.roboticindo.com

8. Aktuator Luak

Para peneliti telah mengembangkan bahan yang dapat berfungsi sebagai pengganti otot, menggantikan bahan keras dan kaku. Salah satu desain baru untuk bahan tersebut adalah variasi pada Peano-HASEL, bahan transparan, penyembuhan diri, dan pengindraan diri yang mudah dikontrol.

7. Robot Tumbuh

Diusulkan oleh Eliot Hawkes, robot itu dirancang dari bahan lunak dan dapat ditavigasi hanya dengan tumbuh. Desain itu dicerminkan setelah bagaimana makhluk hidup seperti tanaman merambat, jamur, atau neuron tumbuh.

6. 3D Dicetak Liquid Elastis

Elastik yang berubah bentuk ini sempurna untuk robotika lunak dan diproyeksikan untuk menghadirkan skema fabrikasi baru dan memberi robot kemampuan baru.

5. Robot skala nano

Disorot pada daftar, robot skala nano dapat merakit sendiri. Berdasarkan konsep origami, robot dikembangkan menggunakan untai DNA dan dapat mengangkut partikel nano.

4. Robot Terbang

Delfly Nimble adalah robot terbang dari Laboratorium Kendaraan Udara Mikro di Universitas Teknologi Delft. Dengan berat 28 g, robot dapat terbang lebih dari 5 menit dengan baterai yang terisi penuh. Desainnya mirip dengan serangga, tetapi dengan kontrol berbasis sayap yang terinspirasi bio.


3. Robot yang Dapat Dipakai

Hal-hal seperti exoskeleton yang terbuat dari bahan yang lembut namun lentur mendapatkan daya tarik. Digunakan oleh para pekerja yang memuat barang atau mereka yang berjalan berjam-jam, setelan robot ini dapat membuat hidup lebih mudah bagi banyak pekerja.

2. Lengan Robot

Menambah inovasi bagi para pekerja, Universal Robotics meluncurkan serangkaian lengan robot kolaboratif yang dapat mengotomatisasi dan merampingkan proses industri yang berulang.


1. AIBO

AIBO adalah anjing robot yang dibuat oleh Sony. Setelah rilis pertama lebih dari 2 dekade lalu, AIBO dihentikan. Tapi sekarang, bot kecil yang menyenangkan telah kembali dengan lebih banyak kemampuan untuk sahabat manusia.



Jelas, 2018 adalah tahun yang cukup bagus untuk inovasi robot. Dan siapa yang tahu apa yang dilakukan tahun ini untuk teknologi baru. Apa pun masalahnya, para pelaku industri berat berlomba-lomba untuk mengalahkan satu sama lain, yang bisa berarti produk hebat bagi konsumen.








No comments:

Post a Comment

Post Top Ad