Apa Sih Robotic (Indonesia) Itu? - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Saturday, May 11, 2019

Apa Sih Robotic (Indonesia) Itu?

Mengenali Apa Itu ROBOTIC

robotic indonesia, sekolah robotik, kursus robotika di jakarta - www.roboticindo.com

Roboticindo.com -  Dengan kemajuan teknologi, Robot kini tidak dibisa dipungkiri keberadaannya. Banyak yang berpendapat bahwa robotic dapat berdampak buruk bagi manusia karna akan menggantikan pekerjaan manusia kedepannya. Maka  dari itu kita yang harus menjadi orang cerdas untuk dapat menjadi kepala dari robot-robot, istilah lainnya kitalah yang menciptakan robot itu. Jadi apa sih Robot itu?

Robot, sebuah alat berupa mekanik yang dapat mengerjakan pekerjaan fisik, dengan mengandalkan pengawasan dan dikontrol oleh manusia, ataupun menggunakan program yang telah diprogramkan terlebih dulu (kecerdasan buatan – Artificial Intelligence). Robot biasanya diperuntukan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor diluar dari kemampuan manusia. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Berikut pengimplementasikan robot-robot lainnya difungsikan untuk pembersihan limbah beracun, pertambangan, penjelajahan bawah air dan di luar angkasa, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang pada bawah tanah. Belakangan ini robot telah mulai memasuki pasaran konsumen dari bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, alat pemotong rumput, dan seperti alat penyedot debu.

Pengertian Robotic
Kata Robotics juga ditemukan berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang dituliskan oleh Isaac Asimov pada tahun 1942. Dan sebelum kita mempelajari robotic, tentu kita harus memahami apa itu robot?
ada beberapa pengertian robot yang digunakan oleh para ahli pada saat ini.Tetapi, saya lebih memilih definisi berikut yang lebih populer digunakan oleh banyak orang.
"system atau alat yang dapat berperilaku atau meniru perilaku manusia dengan tujuan berfungsi untuk menggantikan dan mempermudah kerja atau aktifitas manusia."

Dari pengertian diatas bisa disimpulkan bahwa sebenarnya robot adalah sistem yang  dapat meniru cara kerja makhluk hidup terutama hewan dan manusia. Jika hewan dan manusia memiliki indra untuk mendeteksi lingkungannya. Kemudian respon dari sensor dikirim ke otak untuk dikelola. Otak kemudian akan memerintahkan otot untuk berkontraksi dan menggerakkan rangka. itulah mekanisme kerja dari sistem makhluk hidup secara sederhananya.

Robot adalah sistem yang meniru sistem ini. Jika pada makhluk hidup seperti hewan dan manusia disebut indra, maka pada robotic disebut sensor. Otak pada hewan dan manusia, maka pada bahasa robotic disebut microcontroller. Otot pada manusia, actuator merupakan otot pada robot. Sumber energi manusia ialah makanan, sumber pada robot yakni energi listrik dari power supply seperti baterai. Rangka pada manusia, frame atau platform pada robot.

Saat ini, robot sudah banyak berperan dalam kehidupan manusia mulai dari dunia pendidikan, manufaktur, industri, observasi, militer, sars, dan lain sebagainya.
Untuk dapat dimemastikan sebagai robot, mesin harus mempunyai dua macam kemampuan yaitu:
1)    Dapat mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
2)    Dan dapat melakukan sesuatu secara fisik seperti bergerak atau memanipulasi objek.

Untuk dapat didefinisikan sebagai robot sebuah system tidaklah perlu untuk meniru semua tingkah laku manusia, namun suatu sistem tersebut dapat mengadopsi satu atau dua saja sistem yang ada pada diri manusia saja sudah dapat dikatakan sebagai robot. Sistem yang difungsikan berupa sistem pendengaran (telinga), sistem penglihatan (mata) ataupun sistem gerak.

Sebuah robot bisa saja dibuat untuk bekerja berbagai macam aktifitas, namun sebuah robot harus dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia dan bersama. Ada hukum robotika yang perlu diketahui sebelum seseorang terjun dalam robotika, antara lain:

1)    Robot tidak boleh melukai atau menciderai manusia bahkan dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
2)    Robot harus dapat menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
3)    Robot harus melindungi keberadaannya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.
                            
Berdasarkan bentuk, robot terdiri dari beberapa  kategori menurut bentuknya:

Turtle
Diciptakan pada tahun 1970-an dan nama Turtle digunakan dari bentuknya yang mirip rumah kura-kura.

Vehicle
Robot jenis ini mirip dengan bentuk kendaraan yang dilengkapi dengan roda dan fungsinya dapat bergerak seperti sebuah mobil. Perbedaan dengan mobil adalah kemampuan programmablenya.

Rover
Bentuk robot ini cenderung pendek dan juga dilengkapi roda seperti jenis vehicle seperti pada R2-D2 dalam di film Star Wars. Robot jenis ini juga sudah dilengkapi beberapa fungsi, contohnya berkemampuan untuk mendeteksi objek atau mendeteksi api.

Walker
Robot kategori ini tidak dilengkapi dengan roda seperti jenis vehicle dan rover melainkan bergerak dengan menggunakan kaki. Biasanya robot ini berbentuk mirip serangga dan dilengkapi dengan 6 kaki atau bahkan lebih.

Appendage
Robot ini berbentuk lengan yang biasanya digunakan untuk dapat mengambil dan memindahkan barang. Lengan ini dapat terpasang pada robot yang bergerak atau pada sebuah tempat yang tetap.

Android
Robot ini didesain menyerupai manusia dan mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi secara interaktif dengan manusia.

Berdasarkan proses kendalinya robot terdiri dari:

Automatic Robot
Automatic Robot berfungsi berdasarkan perintah-perintah yang telah diprogramkan sebelumnya atau berdasarkan respon dari sensor-sensornya.

Teleoperated
Robot jenis ini dapat bergerak berdasarkan perintah-perintah yang dikirimkan secara manual baik melalui PC, remote control atau joystick.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad