Robotic Indonesia - Manfaat Robotika Pada Mata Pelajaran Di Sekolah Bagi Si Anak - Robotic Indonesia.com

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Tuesday, May 7, 2019

Robotic Indonesia - Manfaat Robotika Pada Mata Pelajaran Di Sekolah Bagi Si Anak

Apa Sih Manfaat Robotika Pada Anak ?

https://www.roboticindo.com

Robotic Indonesia - Pada Era zaman saat ini kita dituntut untuk memiliki wawasan yag luas, kemampuan berpikir dan berkreasi agar dapat beradaptasi dengan perkembangan Informasi dan perkembangan teknologi secara pesat. Sekolah seperti TK, SD, SMP, SMA dan Perguruan tinggi tidak hanya terfokuskan pada perkembangan pengetahuan ilmiah dan teoritis, tetapi juga memperhatikan bagaimana proses berpikir dan tingkah laki seseorang.

Kegiatan Ektrakurikuler/Eskul merupakan kegiatan yang dilakukan siswa disekolah atau universitas, di luar jam belajar kurikulum standar/utama. Siswa dapat memilih sendiri sesuai bakat dan minat. Dan dari sekian banyak ekstrakurikuler Robotik termasuk didalamnya. Kegiatan robotik dapat dilakukan dari mulai anak-anak TK, SD sampai pada SMA hingga perguruan tinggi. Di Indonesia sudah banyak lembaga-lembaga pendidikan yang mengkhususkan diri pada kegiatan robotik ini. Malah ada juga sekolah yang menjadikan kegiatan robotik ke dalam mata pelajaran tersendiri.


Pengertian robot

Kata “robot” sendiri berasal dari bahasa Ceko (Chech), yang berarti “pekerja” (worker). Dan kata Robot bisa juga berasal dari kata ‘robota’ yang mengartikan: pekerja Paksa/sendiri. Robot adalah suatu perangkat yang mampu menjalankan tugas-tugas fisik, mulai dari dikendalikan dengan pengawasan manusia dan di luar kendali manusia (Artificial Intelligence), yang merupakan serangkaian program yang telah didefinisikan terlebih dahulu yang biasanya dikenal kecerdasan buatan.


Pengertian dari “Robot Institute Of America”.
Yakni “Robot" merupakan sesuatu yang dapat diprogram dan diprogram ulang, dengan memiliki manipulator mekanik/pengerak yang didesain untuk mampu memindahakan barang-barang, komponen atau alat-alat khusus dengan berbagai program yang fleksibel/mudah disesuaikan untuk melaksanakan berbagai macam tugas.


Sejarah robot

Robot ditemukan pada abad XVIII. Kata robot sendiri pertama kali diperkenalkan oleh seorang penulis dari Czech yang bernama Wright Karel Capek pada tahun 1921. Dan kata “Robot” digunakan di New York pada Oktober 1922 pada sebuah pentas theater yang berjudul “RVR”, Tahun 1956, UNIMATION memulai bisnis tahun 1972 dan mendapatkan banyak keuntungan yang tinggi dari penjualannya.
Robot semakin populer setelah muncul film Star Wars dan Robot R2D2 yang menarik perhatian pada tahun sekitar 70-an.


Para Ilmuwan biologi pada saat itu ingin menciptakan makhluk yang mempunyai karakteristik seperti yang mereka inginkan dan dapat memenuhi segala perintah yang diperintahkan, dan sampai sekarang makhluk yang mereka ciptakan tidak pernah terwujud menjadi kenyataan.

Tahun 1941, disinilah istilah robotics digunakan dalam teknologi robot oleh penulis ilmiah Isaac Asimov. Dia juga memprediksi akan munculnya robot-robot industri dengan teknologi canggih dimasa datang. Jika kita lihat pada hari ini, maka apa yang diprediksi seorang penulis fiksi ilmiah ini terbukti dimana sangat cepatnya perkembangan robot-robot indusri saat ini. Istilah revolusi robot atau era robot sudah menjadi hal yang biasa untuk menjelaskan perkembangan itu. Robotics diterima sebagai istilah atau kata untuk menjelaskan semua kemajuan teknologi yang berhubungan dengan robot.

Tahun 1956 George Devil dan Joseph Engelberger untuk membentuk perusahaan robot pertama kali pada Tahun 1956. Devil memprediksi robot akan menjadi bagian penting di Industri sebagai operator pabrik dan dapat membantu pekerja dala menjalankan mesin-mesin pabrik.

General Motor pertama kali menggunakan Robot untuk pabrik otomotifnya. Tahun 1980 Robot Industri berkembang dan mulai banyak digunakan oleh perusahaan selain otomatif yang dimana berkembangnya elektonik dan komputer membuat robot modern muncul.

Abad modern ini bermacam-macam robot diciptakan dan digunakan dalam dunia Industri, rumah sakit, transportasi, pendidikan kehidupan sehari-hari. Seperti robot yang digunakan untuk mengecat mobil, robot yang digunakan untuk merakit komponen elektronik dan juga Humanoid robot yang memiliki wajah dan mampu berjalan, bertidak, berinteraksi seperti manusia.


Pengetahuan masyarakat mengenai robot dan jenis-jenis robot

Banyak orang yang memiliki pandangan bahwa robot itu selalu berbentuk layaknya manusia (Humanoid) robot yang memiliki kemampuan berinteraksi seperti manusia dan layaknya manusia.
Pada jaman ini, sekarang alat-alat untuk belajar robotik sudah banyak ditemukan dipasarkan bauk untuk anak sampai kalangan perguruan tunggu, tentu saja dari komponen, cara merakit dan materi pemograman juan berbeda.
Jenis/contoh robot:
a. Robot Mobile (Bergerak)
Suatu robot yang mempunyai ciri-ciri terdapat alat gerak berupa roda untuk melakukan pergerakan atau berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

b. Robot Manipulator
Robot yang dapat menggerakan atau memindahkan barang, Contohnya robot ARM, robot ini biasanya digunakan pada dunia industri.

c. Robot Berkaki
Robot ini mempunyai kaki seperti hewan atau manusia, yang dapat melangkah, seperti serangga maupun kepiting.

d. Flying Robot (Robot Terbang)
Yakni robot yang bisa terbang menyerupai pesawat model yang diprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari ats, dan juga mampu meneruskan komunikasi.

e.Under Water (Robot didalam Air)
Robot ini mampu bertahan didalam air untuk
memonitor kondisi pada dasar laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.

Hubungan kegiatan robotik pada mata pelajaran di sekolah
Belajar Robotik berkaitan dengan pelajaran kegiatan robotika dan berhubungan dengan pelajaran : Matematika, Sains dan teknologi, Fisika, Desain, Mekanik, Elektronika dan Logika Pemograman.

1. Robotik berkaitan dengan Matematika :
Menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan serta perbandingan untuk mempersiapkan kondisi-kondisi tertentu.

2. Robotik berkaitan dengan Sains dan Teknologi:
Pengetahuan tentang sistem robotika. Jadi dapat mengetahui fungsi-fungsi sensor dan motor.

3. Robotik berkaitan dengan Komputer dan Pemograman.

4. Robotik Berkaitan dengan Fisika :
Penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya dan beban.


No comments:

Post a Comment

Post Top Ad